Strategi Pemasaran di TikTok

TikTok masih belum dilihat sebagai platform pemasaran oleh banyak pengiklan. Namun, menggunakannya dengan benar dapat menuai hasil yang luar biasa. Strategi pemasaran TikTok telah membantu banyak merek untuk memperluas engage dan melihat potensi besar bagi perusahaan di platform tersebut. Walau ada banyaknya konten bermerek, namun masih bisa efektif dijual melalui cara yang menghibur.

Ambil Manfaat Dari Layout Tiktok

Menurut Forbes, hal yang unik tentang platform ini adalah tata letak iklannya. Saat menggulir feeds, mungkin sulit membedakan iklan dan konten biasa. Jika kita memanfaatkan ini, para pebisnis bisa mendapatkan potensi penuh dari platform. Di TikTok, baik melalui posting biasa atau melalui layanan iklan berbayar, jangkauan dan views-nya dapat menarik banyak orang.

Video kreatif yang tidak terlihat seperti iklan adalah kunci sukses disini. Video yang hanya direkam menggunakan ponsel dengan kualitas lebih rendah daripada klip iklan beresolusi tinggi. Cara bicara secara otentik di depan kamera dan mempromosikan produk sering kali disukai oleh konsumen karena lebih sederhana dan lebih relateable.

Bisnis yang sukses bergantung pada tren dan pengguna

Apa yang harus dilakukan merk untuk memaksimalkan potensi di platform? Di satu sisi, pertahankan konsistensi konten.  Dapat juga bekerja dengan influencer, yang sering kali mencapai engagement yang luar biasa di TikTok. Kalian juga harus pintar mencari tren yang ada dan ikuti perkembangannya. Selain itu, interaksi dengan komunitas merupakan aspek penting—misalnya, tanggapi komentar pengguna.

Bagaimana brand dapat memulai di TikTok?

Jika kalian baru mengenal platform ini, pertama-tama pastikan pahami tren dan jenis konten di TikTok. Biasakan diri dengan konten selama beberapa hari di aplikasi. Kalian juga harus menentukan strategi tetap untuk konten yang akan dibuat. Jika mengalami kesulitan di sini, lihat bagaimana banyak brand terkemuka berhasil mengimplementasikan konten mereka.

Video bagus dan konten bagus di TikTok dapat direkam dengan ponsel; ini akan lebih cocok dengan platform lainnya. Pastikan bahwa konten tidak terlalu promosi atau terlalu profesional, karena ini cenderung membuat pengguna enggan menggulir iklan kita.

Tantangan besar bagi perusahaan yang baru mengenal TikTok adalah pertumbuhan. Kalian harus sangat aktif dalam menghasilkan konten secara teratur. Cara termudah untuk berkembang adalah dengan mengikuti tren di TikTok. Bahkan jika banyak tren sepertinya tidak dapat digunakan untuk bisnis kalian, jadilah kreatif. Kalian akan segera menemukan konsep fantastis yang cocok untuk brand. Yang penting berani menghasilkan konten yang tidak sesuai dengan standar desain dan pedoman perusahaan.

Strategi pemasaran di TikTok memiliki potensi yang cukup besar. Algoritme, konten, dan komunitas menjadikan platform sebagai saluran pemasaran yang kuat. Perusahaan besar dan kecil harus bertujuan untuk menghasilkan konten yang relevan untuk memanfaatkan jangkauan yang ada. Dengan anggaran yang rendah, setiap brand kini dapat mengakses potensi penuh mereka di platform ini.

Sumber : Forbes

bisnis kuliner10 Tips Memulai Bisnis Kuliner
Tips Traveling MahasiswaTips Traveling Bagi Mahasiswa

Leave A Comment

Tags

Categories

Archives