Bisnis Makanan Tradisional — Bisnis makanan tradisional saat ini semakin diburu oleh masyarakat di pasaran. Makanan tradisional mampu bersaing dengan makanan-makanan yang hits saat ini.

Cita rasa yang khas dan unik menjadi salah satu alasan mengapa makanan tradisional sangat diburu.

Berbagai varian makanan baru kini mulai bermunculan dalam meramaikan persaingan pasar. Ternyata tidak menyurutkan popularitas makanan tradisional di mata para konsumen. Bahkan, ditengah perkembangan teknologi dan gaya hidup masyarakat yang modern.

Indonesia tentunya memiliki banyak sekali makanan tradisional yang sangat beragam dari setiap daerahnya. Kondisi ini sangat menguntungkan bagi bangsa kita, karena potensi tersebut bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang memberikan untung besar bagi pelakunya.

Baca Juga: Tips Membuka Usaha Minyak Goreng Kelapa

Dengan potensinya untuk menjadi bisnis yang menguntungkan, banyak orang yang kini tertarik untuk berbisnis kuliner Indonesia. Namun, dengan banyaknya pilihan yang ada, banyak yang bingung untuk memilih makanan apa untuk dijadikan bisnis. Buat kamu yang tertarik untuk berbisnis kuliner Indonesia, berikut adalah 5 (lima) makanan tradisional Indonesia yang bisa kamu pilih untuk dijadikan bisnis.

1. Cireng

Cireng merupakan salah satu makanan tradisional favorit di Bandung. Makanan ini menjadi jajanan khas yang terbuat dari tepung tapioka dan bisa kamu temukan dimana saja. Dulunya cireng hanya ditemukan dalam bentuk bulat pipih dengan isian sambal kacang saja. Tetapi sekarang sudah banyak perubahan bentuk dan isian yang ada pada cireng.

2. Gudeg

Kuliner Jogja ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu. Gudeg merupakan sejenis sayur yang bahan utamanya adalah buah nangka muda yang dimasak dengan santan selama beberapa waktu. Cita rasanya yang khas membuat masakan ini banyak diminati oleh masyarakat.

3. Nasi Padang

Sesuai dengan namanya kuliner ini berasal dari  Padang. Nasi Padang ini sekarang sudah sangat menjamur di setiap sudut kota, sehingga tidak perlu jauh-jauh ke Padang untuk menikmati makanan yang satu ini. Yang menjadi ciri khas dari nasi Padang ini adalah sayur daun singkong dan lauk pauk yang disajikan, seperti rendang, ayam pop, dan lain-lain.

4. Rawon

Sesuai dengan namanya kuliner ini berasal dari daerah Padang. Nasi Padang ini sekarang sudah sangat menjamur di setiap sudut kota, sehingga tidak perlu jauh-jauh ke Padang untuk menikmati makanan yang satu ini. Yang menjadi ciri khas dari nasi Padang ini adalah sayur daun singkong dan lauk pauk yang disajikan, seperti rendang, ayam pop, dan lain-lain.

5. Seblak

Satu lagi kuliner Indonesia yang menjadi daya tarik pebisnis adalah seblak. Jajanan khas Jawa Barat ini tengah digandrungi oleh masyarakat luas, baik oleh kalangan anak-anak, remaja, bahkan hingga orang tua pun senang dengan makanan ini.

Seblak terkenal dengan rasanya yang pedas dan gurih yang terdiri dari berbagai campuran bahan, seperti kerupuk, makaroni, bakso, telor, ceker, dan masih banyak lagi. Bumbu seblak pun memiliki cita rasa yang khas dan membuat konsumen familiar dengan rasanya.

Baca Juga: Butuh Modal Usaha? Berikut Cara Ampuh Mencari Modal Usaha

Selain pilihan makanan tradisional di atas, masih banyak jenis makanan tradisional Indonesia lainnya yang bisa kamu pilih. Tidak harus satu jenis, untuk memulai bisnis kuliner Indonesia pun kamu bisa memilih beragam jenis makanan. Namun, apapun pilihan jenis makanan untuk dijadikan bisnis, kamu harus menyediakan peralatan pendukung yang akan membantu pengelolaan bisnis kuliner kamu jadi lebih mudah dan menguntungkan.

Sumber :

Bisnis Makanan Tradisiona Indonesia Semakin Diburu Pasar (bisnisukm.com)

5 Makanan Tradisional yang bisa Jadi Bisnis Menguntungkan – Pawoon

Biaya Kuliah Luar NegeriKetahui List Biaya Kuliah di Luar Negeri
bisnis kuliner10 Tips Memulai Bisnis Kuliner

Leave A Comment

2 Comments

  1. Tips Membuka Usaha Jamu Modern May 22, 2022 at 01:48

    […] Baca Juga: Tren Pasar, Bisnis Makanan Tradisional […]

  2. […] Baca Juga: Tren Pasar, Bisnis Makanan Tradisional […]

Comments are closed.

Tags

Categories

Archives